Jakarta, MobilKomersial.com – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mewajibkan masyarakat yang memasuki wilayah Jateng wajib menunjukkan sertifikat vaksin. Peraturan ini dilakukan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Peraturan ini diungkapkan oleh Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Syafiruddin. Ia menyatakan pihak kepolisian hanya ingin memastikan pendatang yang masuk di wilayah Jateng harus dalam kondisi baik. 

”Kita akan intensifkan lagi penyekatan di perbatasan provinsi, perbatasan kabupaten atau kota dalam masa PPKM Level. Kita akan lihat apakah pengguna jalan yang melintas di pos pos penyekatan sudah ter-vaksin dan mengunduh aplikasi pedulilindungi,” ujar Rudy kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pengumuman! Naik Bus AKAP di Jakarta Wajib Tunjukkan Kartu Vaksinasi

Selain surat vaksin, penggunaan jalan juga diwajibkan dapat menunjukkan surat bebas COVID-19 baik itu swab antigen atau PCR. Meski demikian, ia menyatakan pihaknya juga akan menggelar vaksinasi di tempat bagi pengguna jalan yang belum divaksin corona. 

Ia mengungkapkan, jumlah vaksin yang tersedia di masing-masing polres jumlahnya cukup banyak, yakni hampir 4.000-6.000 dosis. Oleh karena itu, ia berharap agar vaksin tersebut agar jangan sampai tidak digunakan dan pengguna jalan yang didapati belum divaksin akan langsung divaksin. 

”Pertama punya surat keterangan bebas COVID-19, sudah divaksin. Lalu yang ketiga tujuan dia mau ke mana, kita juga cek KTP nya,” jelas dia.

Terkait realisasi, Rudy mengaku bakal melakukan penyekatan yang di 70 titik perbatasan dan rest area tol pada haru Jumat, Sabtu dan Minggu atau ketika mobilitas masyarakat sedang tinggi. 

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Naik Transjakarta Wajib Tunjukkan Surat Vaksinasi

”Karena di hari-hari itulah yang banyak pengguna kendaraan dari luar Jateng datang untuk berekreasi, untuk mengunjungi sanak saudara dan sebagainya, kami akan lakukan penyekatan secara intensif,” jelas dia.

Namun demikian, pada giat penyekatan kali ini pihaknya akan lebih mengedepankan edukasi ketimbang penindakan. Ia juga menuturkan, tidak akan memutar balik kendaraan melainkan edukasi dan iformasi. Pihaknya bakal memberikan masukan bila belum divaksin atau swab bakal dilakukan di tempat itu juga. 

Share :

Kerjasama Mercedes-Benz dan Factorial Kembangkan Teknologi Baterai Solid-State

Tujuan lain dari kemitraan ini adalah untuk memulai dengan sel dan memperluas pengembangan untuk memasukkan seluruh modul dan integrasi ke dalam baterai kendaraan.

Read More
Hankook Lakukan Road Show dengan Truk Hyundai Xcient Fuel Cell Bertenaga Hidrogen

Hankook menetapkan target yang jelas seperti menggunakan 100 persen bahan baku berkelanjutan pada tahun 2050 dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen dibandingkan tahun 2018, sebagaimana disebutkan dalam laporan ESG produsen ban.

Read More
'Taksi Terbang' EHang 216 Mengudara di Langit Bali

menjadi AAV tingkat penumpang pertama di Indonesia yang disetujui untuk demo penerbangan transportasi nirawak

Read More
honda

Terkini

Terpopuler