Jakarta, MobilKomersial.com – Mulai hari ini, Jumat (3/9/2021) Polresta Bandung bakal memberlakukan sistem Ganjil-Genap (Gage) di lima gerbang tol Kota Bandung. Kebijakan Gage hanya berlaku bagi kendaraan non plat D. Hal ini dilakukan untuk mengontrol mobilitas di Bandung yang saat ini berstatus PPKM level 3. 

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan upaya pemantauan sistem Gage ini pihak kepolisian akan melibatkan personel gabungan dengan TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Tidak kurang dari 467 petugas gabungan disiagakan memantau jalannya sistem Gage ini.

”Kita akan melakukan kegiatan di beberapa titik di pintu masuk Kota Bandung. Di beberapa titik akan ditempatkan unsur kami di Polres, Dishub dan TNI,” kata Aswin dalam pernyataan resminya, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Kemenhub Klaim Jumlah Penumpang Angkutan Darat Menurun 30-86% Selama PPKM Darurat

Adapun lima tol yang yang diterapkan sistem Gage ini meliputi: Gerbang Tol (GT) Pasteur, GT Pasirkoja, GT Kopo, GT Buahbatu dan GT Moch Toha. Aturan Gage berlaku dari pukul 06.00-21.00 WIB. 

”Untuk mengurangi arus masuk ke Bandung saat weekend dikarenakan masih tinggi yang terkena pandemi. kita batasi kegiatan,” tandas Aswin.

Terpisah, AKBP M Rano Hadianto, Kasat Lantas Polrestabes Bandung mengatakan serangkaian uji coba telah dilakukan di gerbang tol. Lima tol tersebut, kata Rano, sebagai akses favorit masyarakat, khususnya di luar Kota Bandung, untuk masuk ke Bandung. 

Baca juga: Antisipasi Peningkatan Covid-19 di Bandung, Polda Jabar Bakal Lakukan Penyekatan Pada HUT RI 2021

Untuk diketahui, sistem Gage ini merujuk pada angka terakhir di nopol kendaraan disesuaikan dengan tanggal di hari tersebut. Jika angka ganjil, maka hanya boleh melewati GT pada saat tanggal ganjil dan begitu juga sebaliknya. Kendaraan dengan plat nomor yang tak sesuai akan diputar balik. 

Rano juga menuturkan, kendaraan yang menjadi pengecualian sistem Gage adalah kendaraan dinas kepolisian, TNI, plat merah, angkutan barang, angkutan umum dan online, ambulans, damkar, kendaraan dinas kesehatan. 

Baca juga: Waspada! Kendaraan Masuk Jateng Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Share :

Kerjasama Mercedes-Benz dan Factorial Kembangkan Teknologi Baterai Solid-State

Tujuan lain dari kemitraan ini adalah untuk memulai dengan sel dan memperluas pengembangan untuk memasukkan seluruh modul dan integrasi ke dalam baterai kendaraan.

Read More
Hankook Lakukan Road Show dengan Truk Hyundai Xcient Fuel Cell Bertenaga Hidrogen

Hankook menetapkan target yang jelas seperti menggunakan 100 persen bahan baku berkelanjutan pada tahun 2050 dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen dibandingkan tahun 2018, sebagaimana disebutkan dalam laporan ESG produsen ban.

Read More
'Taksi Terbang' EHang 216 Mengudara di Langit Bali

menjadi AAV tingkat penumpang pertama di Indonesia yang disetujui untuk demo penerbangan transportasi nirawak

Read More
honda

Terkini

Terpopuler