MobilKomersial.com – Transportasi bus di Indonesia saat ini sedang mengalami kenaikan. Berbagai faktonya adalah perbaikan infrastruktur dan juga program pemerintah yang mendukung akan penggunaan angkutan massal.

Selain bus yang sedang mengalami peningkatan, ternyata desain livery juga sedang naik daun. Banyak sekali akun di Instagram yang menawarkan jasa pembuatan desain livery. Banyak juga contoh-contoh desain yang di posting oleh beberapa akun penyedia jasa.

Salah satunya akun yang bernama @devry_segee . Akun ini sudah memiliki banyak contoh desain livery dan juga sudah banyak klien yang memesan jasanya.

Saat dihubungi oleh MobilKomersial.com, Devry sapaan akrabnya menjelaskan tentang jasa livery. Ia mulai membuat desain livery dari tahun 2015. “Saya pemain baru dalam hal desain livery bus, baru mulai tahun 2015. Awalnya mulai dari hobi, lalu dijadikan pekerjaan sampingan.” Ujar Devry.

Devry memaparkan tentang arti livery bagi dirinya, “Menurut saya livery adalah suatu corak/motif dan gaya desain grafis pada sebuah kendaraan, yang mengacu kepada brand identity dan image sebuah perusahaan otobus, livery dapat merepresentasikan sebuah filosofi, dari sebuah PO. Livery memiliki elemen desain sama seperti halnya elemen desain grafis, lainnya diantaranya: Garis, Bidang Bentuk, Ruang White Space, tekstur, warrna, dan prinsip desain grafis lainnya. Dan mempertimbangkan aspek layout. Tipografi yang sesuai.  Livery adalah desain.”

Saat ini jasa Livery banyak diminati oleh para PO maupun Karoseri dan pihak terkait dengan industri bus.

“Saat ini ada beberapa pesanan livery yang saya kerjakan, ada dari Karoseri Delima Mandiri, Karoseri Subur Sukses Mandiri, PO Krisbus, PO Bayu Holong Persada dan masih ada beberapa yang masih progress” terang Devry kepada MobilKomersial.com.

Dalam 1 bulan, Devry biasanya mendapatakan 3-6 permintaan untuk desain livery. Ia juga membandrol desain dengan menyesuaikan kerumitan dan konsep sih pemesan.

“Untuk harga sih negotiable, semakin keren konsepnya semakin tinggi. Begitupun sebaliknya. Namun jika diangkakan, dikisaran Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta.”

Dia juga menyampaikan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan, dan penuh tantangan. “Seorang liveryer/desain grafis harus punya kreatifitas dan ide yan tinggi” tutupnya.

Share :

Bus Transjabodetabek Bekasi-Senayan Diklaim Hanya Butuh Sejam Perjalanan

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan umum, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membuka trayek-trayek baru bus Transjabodetabek.

Read More
Pabrikan Bus Listrik Asal China Miliki Pabrik di Prancis

Produsen bus listrik terbesar di China, BYD, pada akhir tahun lalu telah menyelesaikan perakitan batch pertama bus listrik mereka di pabrik baru BYD di Allonne, Prancis.

Read More
Kenalan Yuk dengan Suroboyo Bus, BRT yang Punya Fitur Mumpuni

Sebanyak 8 unit Suroboyo Bus memiliki chassis dan mesin dari pabrikan kendaraan asal Jerman yakni Mercedes-Benz dengan berbalut bodi Karoseri Laksana asal Ungaran, Jawa Tengah.

Read More