Jakarta, MobilKomersial.comGoodyear Tire & Rubber Company mengumumkan kerja sama dengan Plus, penyedia teknologi truk otonom, Kamis (16/9/2021). 

Kerja sama ini merupakan upaya alternatif menurunkan angka kecelakaan di jalan raya, terutama untuk angkutan logistik. Berdasarkan data tahun 2018, truk dan bus adalah kendaraan yang memiliki tingkat kecelakaan terbesar di Indonesia. 

Selain itu, kolaborasi ini dilaksanakan dalam rangka menyediakan solusi truk otonom yang dioptimalkan untuk meningkatkan transformasi cerdas dan terhubung di dalam industri logistik. 

Melalui kolaborasi ini, rangkaian layanan Goodyear, termasuk ban, akan dapat terkoneksi sehingga dapat mengurangi dampak karbon, lebih efisien dan aman. Karena, pada akhirnya truk ini akan didukung oleh teknologi mengemudi otonom level 4 Plus. 

Baca juga: Akuisisi Raksasa Ban Amerika Cooper, Goodyear Siap Produksi Ban Truk Ringan dan SUV

SVP Global Operations & CTO Goodyear Chris Helsel mengatakan, ban adalah satu-satunya komponen kendaraan yang menyentuh tanah dan posisi kritis inilah yang dapat membantu kami memungkinkan solusi mobilitas masa depan seperti transportasi otonom. 

”Dengan kepemimpinan kami dalam produk dan inovasi, Goodyear mendukung operasi armada yang efisien dan sangat senang mendorong lebih banyak kesempatan menelisik kebutuhan industri logistik bersama Plus,” kata Chris dalam rilis yang diterima MobilKomersial.com, Kamis (16/9/2021).

Goodyear dan Plus juga akan mengeksplorasi sistem mengemudi otonom Plus dapat menggabungkan feedback dari ban yang terhubung dengan Goodyear dengan efisiensi bahan bakar yang berbasis machine learning oleh Plus. Integrasi ini juga dapat meningkatkan kinerja kendaraan pada saat cuaca buruk dan kondisi jalan yang ekstrem. 

Baca juga: Kembangkan Sayap di Perusahaan Teknologi Truk, Goodyear Tanam Investasi ke TuSimple

Sampai hari ini Plus telah menerapkan solusi mengemudi otonom yang berfokus pada pengemudi (PlusDrive). Solusi ini telah diaplikasikan pada produksi truk FAW J7 L3

Plus, sudah menerapkan solusi mengemudi otonom yang berfokus pada pengemudi, PlusDrive. Untuk pelanggan, solusi ini diharapkan sudah teraplikasi dalam produksi truk FAW J7 L3 yang ditenagai oleh PlusDrive pada kuartal ketiga tahun 2021.

”Kami terus mengeksplorasi peluang baru untuk menghasilkan nilai lebih bagi pelanggan menggunakan teknologi mengemudi otonom kami. Kolaborasi antara Plus dan Goodyear memungkinkan kami untuk memanfaatkan teknologi efisiensi bahan bakar yang inovatif dari kedua perusahaan, dan memanfaatkan ini untuk lebih meningkatkan kinerja truk otonom,” kata Shawn Kerrigan, COO dan Co-founder Plus. 

Baca juga: Sasar Target Sedan Kelas Menengah, Goodyear Luncurkan Eagle F1 Sport

Share :

Beri Edukasi Teknologi Otomotif Terkini, Daihatsu Komitmen Cerdaskan Bangsa

Daihatsu memberikan seputar teknologi terbaru yang ada pada mobilnya

Read More
Transjakarta Lakukan Evaluasi dan Peningkatan Pembinaan ke Operator Bus BMP

sebagai tindaklanjut dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar hal serupa tidak terjadi di kemudian hari

Read More
50 Tahun Berkarya di Indonesia, Trakindo Gelar K3TAB 2021