Jakarta, MobilKomersial.com – Bahan bakar merupakan salah satu komponen biaya tertinggi di dalam industri angkutan penumpang. Oleh karena itu, upaya meminimalisasi biaya bahan bakar ini terus dicari solusinya. 

Agar lebih hemat bahan bakar, selama tiga tahun lebih tim R&D Scania menemukan inovasi penghematan bahan bakar hingga 5%. Diharapkan dari pengurangan ini Scania dapat membantu operator bus untuk mengurangi biaya operasional dan mampu melampaui target emisi. 

Pasalnya tantangan bisnis angkutan penumpang saat ini adalah mampu beradaptasi dengan undang-undang lingkungan yang baru yang ketat dalam membatasi Nitrogen Oksida dan Co2. 

Baca juga: PO Rosalia Indah Tambah 6 Unit Bus Baru, 2 Unit Jetbus 3+ SDD dan 4 Jetbus 3+ MHD

Expert Engineer at Energy Consumption Bus Chassis Development Niklas Berglund mengatakan, pada awal proyek ini Scania menetapkan target pengurangan konsumsi bahan bakar bus Coach hingga 5% dibandingkan dengan model sebelumnya.

”Sektor bus masih kekurangan standar penggunaan energi yang setara dengan Standardized On-Road Test (SORT) bus kota. Truk Scania dengan komponen ini telah memenangkan penghargaan truk hijau tahunan selama lima tahun berturut-turut, ditambah banyak tes industri lainnya, berarti kebanyakan perbandingan dalam efisiensi energi akan sama,” kata Berglund.

Baca juga: Karoseri Laksana Kembali Kapalkan 8 Unit Bus Tingkat ke Bangladesh

Menurut Berglund, Scania melihat langkah penting yang harus ditempuh hari ini adalah dengan mengurangi jumlah lalu lintas di jalan dengan cara meningkatkan jumlah transportasi umum yang berkelanjutan. 

”Harapan utama saya dari generasi bus baru ini adalah bahwa hal itu akan benar-benar membuka mata pelanggan terhadap powertrain kami yang sangat baik dalam hal konsumsi energi dan tingkat emisi,” imbuhnya. 

next>

Share :

Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
Mercedes-Benz Hadirkan Sasis Bus Full-Electric eO500U untuk Pasar Amerika Latin

sasis bus listrik bertenaga baterai ini dirancang khusus untuk kebutuhan transportasi umum lokal yang ramah lingkungan dan bebas emisi dan berkontribusi pada pengendalian polusi udara dan dengan demikian meningkatkan kualitas hidup di kota

Read More
Setelah Truk, Kini Bus MAN Lion’s Coach Terpilih Sebagai

bus ini memiliki versi yang lebih panjang dan dapat menawarkan ruang untuk 61 penumpang dengan emisi CO2 terendah

Read More
honda

Terkini

Terpopuler