Jakarta, MobilKomersial.comVolvo Trucks Indonesia bersama PT Wahana Inti Selaras beserta dua anak perusahaannya (PT Eka Dharma Jaya Sakti dan PT Indotruck Utama) meluncurkan line up terbaru FH16 dan FMX. Momen peluncuran bertajuk Volvo Trucks Indonesia New Range Digital Launch diselenggarakan secara virtual pada Selasa (21/9/2021).

Unit truk teranyar dari Volvo ini memiliki banyak perubahan baik dari segi interior dan eksterior. Sejumlah perubahan dapat dilihat dari adanya peningkatan gril depan menjadi honeycomb grill. Peningkatan ini memungkinkan sirkualsi udara yang masuk ke dalam mesin dapat lebih leluasa sehingga cukup efektif dalam mendinginkan mesin.

Lampu V-Shape juga nampak menghiasi bagian depan truk di mana berfungsi untuk meningkatkan daya pandang pengemudi dan kendaraan yang melintas dari arah berlawanan. Bagian foot step di dekat pintu kendaraan juga didesain dengan material anti-slip agar lebih aman ketika pengemudi hendak memasuki kabin. 

Baca juga: Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

”Mulai dari three-point seat belt sampai teknologi yang lebih lanjut, Volvo Trucks terus meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan core value dari Volvo Trucks yaitu: quality, safety, dan environmental care,” ujar Bambang Prijono, Direktur PT Wahana Inti Selaras.

Agar dapat meningkatkan jumlah muatan truk, Volvo Trucks juga meningkatkan front axle dan mengubahnya dari sembilan ton menjadi sepuluh ton. Sedangkan di bagian rear axle juga meningkat dari 32 ton menjadi 38 ton. Ditambah lagi dengan peningkatan vessel dari 35 m3 menjadi 45 m3. Peningkatan tersebut mampu membuat truk ini mampu mengangkut beban lebih dari 285 ton dalam sekali jalan. 

Baca juga: Pengiriman Truk Volvo Terbesar di Amerika Utara, Maersk Pesan 16 VNR Electric Class 8

”Peningkatan kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas karena truk ini banyak yang bekerja di area pertambangan untuk mengangkut batubara,” unar Pantas Sihombing, Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti.

Pada saat memasuki bagian kabin, perubahan dapat terlihat dari desain interior di mana bagian ini dibuat lebih soundproof sehingga 20% lebih senyap agar pengemudi tidak mudah lelah. Selain itu, upaya meminimalisasi blindspot juga dilakukan agar sopir senantiasa mengerti kondisi di sekitarnya. 

next>

Share :

Truk Berbasis Hidrogen Milik Daimler Trucks Terima Lisensi Untuk Penggunaan di Jalan Raya

Truk Daimler telah mencapai tonggak penting dalam perjalanan menuju produksi serinya

Read More
Isuzu Mulai Produksi Truk F-Series 2022 di Amerika

F-Series menawarkan model di Kelas 6 dan Kelas 7

Read More
Iveco Pamerkan Truck Baru S-Way Turbostar Edisi Khusus

didedikasikan untuk warisan TurboStar, salah satu truk paling ikonik, legendaris, dan inovatif yang pernah dibuat, yang membuat sejarah

Read More