MobilKomersial.com - Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto secara resmi menyerahkan bantuan dua buah bus besar bertenaga listrik dan satu microbus bertenaga diesel.

Penyerahan mobil ini dilakukan dalam rangka kunjungan kerja di DIY, yang menyempatkan diri berkunjung ke Universitas Gajah Mada, Sabtu (9/10/2021). Airlangga sendiri adalah alumni Fakultas Teknik UGM, jurusan teknik mesin alumni tahun 1981.

Baca Juga: PT Transjakarta Targetkan 80% Armada Bus Berbasis Listrik

Dalam sambutannya setelah menyerahkan bantuan tersebut, Ketua Umum Partai Golkar ini bernostalgia tentang masa-masa kuliahnya di kampus Bulak Sumur.

Ia mengenang betapa sulitnya dulu mempelajari teknik mesin berpengerak listrik, karena masih jarang dan biaya yang sangat mahal untuk praktek pelajaran tersebut. Ini berbeda dengan sekarang dimana mesin berpenggerak listrik sudah sangat umum.

"Dulu itu relatif sulit dan sulit mendapatkan kerja yang terjangkau karena teknologinya masih mahal." kenang Airlangga mengutip akun resmi Golkar.

Lewat bantuan bus bertenaga listrik ini diharapkan mahasiswa juga bisa mempelajarinya dengan lebih mudah. Ia juga berharap, ke depan pembelajaran teknik mesin berpenggerak listrik ini bisa didorong sesuai dengan target sebesar 25%.

Baca Juga: Beralih ke Bus 100% Listrik, HEAG Mobilio Pilih Mercedes-Benz eCitaro Jadi Kendaraan Publik

Dalam acara penyerahan mobil elektrik produk dalam negeri ke UGM dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, juga ikut mendampingi Mensesneg Pratikno, yang kebetulan juga alumni Fisipol UGM tahun 1985, sekaligus Ketua majelis Wali Amanat UGM.

Sementara dari UGM hadir Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof. Paripurna, dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Bambang Agus Kironoto.

Share :

Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
Mercedes-Benz Hadirkan Sasis Bus Full-Electric eO500U untuk Pasar Amerika Latin

sasis bus listrik bertenaga baterai ini dirancang khusus untuk kebutuhan transportasi umum lokal yang ramah lingkungan dan bebas emisi dan berkontribusi pada pengendalian polusi udara dan dengan demikian meningkatkan kualitas hidup di kota

Read More
Setelah Truk, Kini Bus MAN Lion’s Coach Terpilih Sebagai

bus ini memiliki versi yang lebih panjang dan dapat menawarkan ruang untuk 61 penumpang dengan emisi CO2 terendah

Read More
honda

Terkini

Terpopuler