Jerman, MobilKomersial.com - Prototipe masa depan dari truk sel bahan bakar berbasis hidrogen milik Daimler telah menerima lisensi dari otoritas Jerman untuk digunakan di jalan umum.

Pada bulan April lalu, pabrikan asal Jerman ini mulai melakukan tes menggunakan Truk Mercedes-Benz GenH2, yang diresmikan pada tahun 2020, di jalur uji perusahaan.

Di sana, truk yang bertujuan untuk mencapai jangkauan hingga 1.000 kilometer dan lebih tanpa berhenti untuk mengisi bahan bakar dalam versi serinya, telah berhasil mengumpulkan beberapa ribu mil. Sekarang, pengujian tersebut diperluas ke jalan umum slah satunya di jalan B462 dekat Rastatt, Jerman.

Baca Juga: Daimler Trucks Uji Coba Truk Bertenaga Hidrogen dengan Jarak Tempuh 1.000 Km

Mengutip laman resminya pada Selasa (26/10/2021), sebagai bagian dari proyek eWayBW, angkutan akan dialiri listrik untuk menguji truk catenary yang beroperasi. Proyek ini juga akan mencakup uji komparatif dari Mercedes-Benz eActros murni dan truk sel bahan bakar dari pabrikan lain. Daimler Truck tidak memiliki rencana untuk truk catenary.

Sejak Juli 2019, Mercedes-Benz eActros telah membuktikan nilainya dalam pengujian lapangan ekstensif di wilayah sekitar Rastatt di perusahaan Logistik Schmitt. Dengan persetujuan penggunaan truk Mercedes-Benz GenH2 di jalan, Truk Daimler telah mencapai tonggak penting dalam perjalanan menuju produksi serinya.

Truk GenH2 produksi seri pertama diharapkan akan diserahterimakan kepada pelanggan mulai tahun 2027. Daimler Truck berambisi untuk hanya menawarkan kendaraan baru yang netral karbon dalam operasi mengemudi (“tank-to-wheel”) di Eropa, Jepang dan Amerika Utara pada tahun 2039.

Baca Juga: Daimler: Peralihan Menuju Ke Mobil Listrik Akan Berdampak pada Tenaga Kerja

Untuk mencapai tujuan ini, Daimler Truck menggemparkan kendaraannya dan mengejar strategi jalur ganda dengan menggunakan sistem penggerak bertenaga baterai atau berbasis hidrogen.

Kombinasi teknologi ini memungkinkan Daimler Truck untuk menawarkan kepada pelanggan pilihan kendaraan terbaik untuk kasus penggunaan khusus mereka: semakin ringan beban dan semakin pendek jaraknya, semakin besar kemungkinan baterai akan digunakan.

Semakin berat beban dan semakin jauh jaraknya, semakin besar kemungkinan sel bahan bakar akan menjadi sistem pilihan, kata perusahaan itu.

Share :

65 Truk Iveco S-Way LNG Diborong oleh Operator Transportasi Vlantana

Selain ramah lingkungan, truk Iveco S-Way LNG juga memberikan otonomi bahan bakar terbaik di kelasnya hingga 1.600 km, efisiensi tanpa kompromi di setiap misi, penghematan signifikan dengan TCO yang jauh lebih rendah daripada truk diesel, dan pengalaman b

Read More
DTNA dan Platform Science Luncurkan Virtual Vehicle

Daimler Trucks North America (DTNA) dan Platform Science berkolaborasi meluncurkan Virtual Vehicleâ„¢ atau kendaraan virtual.

Read More
Berkat Teknologi OptiView, MAN Raih Penghargaan Transportasi Eropa Keberlanjutan 2022

Penghargaan ini dimaksudkan untuk mendorong perusahaan di industri kendaraan komersial untuk bertindak dengan mengenali produk dan strategi berorientasi masa depan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler