MobilKomersial.com - Volvo Buses dengan bangga telah mengumumkan keberhasilannya mengirimkan 90 unit bus Double Decker berstandar Euro 6 pertama ke perusahaan angkutan umum asal Malaysia, Prasarana Malaysia Berhad (Prasarana).

Mats Nilsson selaku Director Volvo Buses Region APAC Pusat mengungkapkan bahwa dirinya bangga menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi Euro 6 ke Malaysia.

"Peraturan emisi kendaraan saat ini di Malaysia adalah Euro 3, tetapi mitra kami Prasarana membuat komitmen untuk mengurangi tingkat emisi dengan membeli bus double decker Volvo B8L Euro 6, sehingga melebihi persyaratan nasional,” jelasnya mengutip laman resminya, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Salah satu manfaat utama bus Euro 6 adalah mampu mengurangi materi partikulat atau zat padat atau cair mikroskopis yang tersuspensi di atmosfer sebesar 0,02 hingga 0,01. Ini juga mengurangi jumlah nitrogen oksida yang dilepaskan ke udara dari 2,0 menjadi 0,4.

“Perhatian Lingkungan adalah salah satu nilai inti Bus Volvo. Kami percaya pada solusi transportasi yang bersih, senyap, dan efisien yang menawarkan kepada pelanggan kami untuk pengembangan kota modern dan kehidupan yang berkelanjutan,” kata Karen Tan, Country Manager, Volvo Buses Malaysia.

Sasis Volvo B8L diproduksi di Borås, Swedia, dan telah diuji secara luas di lingkungan kota Hong Kong dan Inggris.

Didukung oleh mesin D8K, Volvo B8L menghasilkan bobot keseluruhan yang lebih rendah, lingkaran putar yang lebih kencang, dan semua as dan suspensi baru memberikan kualitas pengendaraan yang luar biasa, kemampuan berkendara yang lebih baik, dan tingkat kinerja kendaraan yang lebih tinggi.

Dirakit secara lokal di Malaysia oleh Pioneer Coachbuilders Sdn Bhd, bus Double Decker Euro 6 menghasilkan 350 dk dan dibangun dengan kapasitas 22 ton, panjang 12 meter, dan tinggi 4,2 meter.

Dengan pengiriman ini, Bus Volvo terus fokus pada keselamatan dengan beberapa fitur yang disertakan sebagai standar, termasuk Kontrol Stabilitas Elektronik (ESP), Sistem Pengereman Elektronik (EBS) dan pembatas akselerasi.

Baca Juga: Tak Puas Catatkan Rekor, DFDS Tambah 25 Unit Truk Listrik Volvo FM

Sasis Volvo B8L itu juga dilengkapi dengan sistem telematika Volvo Bus yang telah terbukti, yang memungkinkan operator mengakses data kendaraan secara real-time.

Sementara itu, President & Group Chief Executive Officer Prasarana Malaysia Berhad, Encik Mohd Azharuddin Mat Sah mengatakan bahwa bus Doubler Decker Volvo 12 meter menawarkan solusi hebat untuk tantangan operasionalnya. Dengan lebih banyak tempat duduk dan ruang berdiri, termasuk satu fasilitas kursi roda, setiap bus dapat menampung hingga 110 penumpang.

“Rapid Bus mengharapkan peningkatan 10% hingga 20% pada load factor kami yang ada selama waktu puncak, serta peningkatan kapasitas per perjalanan. Lebih banyak orang dapat naik bus pada saat yang sama, sehingga mengurangi waktu menunggu penumpang kami,” tuturnya.

Share :

Ini Spesifikasi Bus Listrik Hyundai Elec City yang Jadi Kendaraan Resmi Piala Dunia Qatar 2022

Menjadi kendaraan resmi di Piala Dunia Qatar 2022, Hyundai Motor Company menurunkan 446 kendaraan listrik dan hybrid serta 10 bus listrik untuk menjadi moda transportasi bagi penonton hingga petinggi FIFA.

Read More
Menjelang Akhir Tahun, Bus Kabin Nyaman Bisa Jadi Pilihan Untuk Liburan

Menjelang akhir tahun memang paling enak pergi berlibur dengan keluarga menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), selain harganya yang terjangkau menggunakan bus juga mendapatkan pengalaman berbeda apalagi menaiki bus dengan kabin yang tak biasa.

Read More
Jerman Mulai Kembangkan Bus Listrik Bertenaga Surya

Bus listrik tenaga surya ini diprakarsarai oleh Sono Motors sebagai OEM (Original Equipment Manufacture) mobilitas surya yang berbasis di Munich, Jerman yang bekerjasama dengan Pepper Motion sebagai OEM internasional untuk eletrifikasi kendaraan baru maup

Read More
honda

Terkini

Terpopuler