MobilKomersial.com - Sistem pendinginan atau dikenal dengan radiator adalah komponen yang penting pada mesin mobil. Jika mesin mobil yang cepat panas atau overheat karena sering digunakan dapat berakibat buruk pada mesin.

Kendati begitu, bagi sebagian pengguna mobil tidak sedikit yang belum memahami apakah radiator cukup efektif jika diisi dengan air biasa atau dengan cairan coolant.

Baca Juga: Jangan Biarkan Oli Kotor Tertinggal Pada Mesin, Ini Solusinya

Menanggapi hal tersebut, CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group), Arief Hidayat menerangkan bahwa, masalah seperti itu bisa saja terjadi. Menurutnya, tidak ada istilah coolant itu tidak cocok buat mobil baru atau mobil tua. Coolant itu buat mobil yang radiatornya terawat atau tidak terawat.

"Kinerja radiator coolant tidak bekerja sendiri dalam sistem pendinginan. Pertama harus dilihat dulu kondisi radiator, Apakah dalamannya bersih dan terawat. Tidak ada kotoran dalam ply atau bibit korosif seperti ditandai dengan warna air yang keruh," ungkapnya saat ditemui MobilKomersial.com.

Jika airnya keruh, Arief menyarankan agar dikuras terlebih dahulu lalu isi lagi dengan air yang baru hingga air di dalam water jacket bertukar dan warna di bibir air radiator juga jernih.

Baca Juga: Ini Jawaban Jika Butuh Oli Gemuk yang Tahan Suhu Panas Tinggi

"Biasanya radiator seperti itu sebelumnya diisi air sulingan atau air biasa. Kalau sudah bersih total masukkan coolant yang memiliki kandungan yang baik untuk mesin," imbuh Arief.

Untuk negara tropis seperti Indonesia, ia pun menyarankan sebaiknya menggunakan coolant yang dilengkapi dengan aditif anti karat dan anti lumut. 

"Karena, jika radiator berkarat dan berlumut, pasti akan menyebabkan masalah. Lumut misalnya. Lumut yang tumbuh di saluran pipa radiator bisa membuat mampet. Karena mampet air tidak bisa bersirkulasi dan membuat proses pendinginan mesin terganggu. Temperatur mesin menjadi tinggi, itulah yang bisa membuat mobil overheating," beber Arief.

Baca Juga: Bersihkan Karbu Secara Tuntas dengan Wealthy Carburetor Cleaner

Nah, radiator coolant dari Wealthy ini bisa dijadikan pilihan. Wealthy Radiator Coolant Hybrid dapat mengurangi mesin panas berlebih atau overheat.

Coolant dari Wealthy ini sudah dilengkapi proteksi tambahan antikarat, korosi, anti lumut dan anti pembentukan endapan di dalam sistem radiator.

"Formulanya dilengkapi dengan aditif yang mampu memberikan lubrikasi pada pompa atau waterpump. Sehingga pompa pemutar air ini tidak gampang macet. Makanya, produk ini cocok untuk semua jenis mobil. Baik mobil Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika. Juga sesuai dengan mobil bermesin bensin dan diesel," paparnya.

Baca Juga: Oli Wealthy Beste Full Synthetic CVT Jaga Transmisi Mobil Matik Tetap Prima

Wealthy Radiator Coolant Hybrid ini bisa didapatkan di bengkel-bengkel rekanan Wealthy, tersedia dia juga di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli dll.

Share :

Berikan Perlindungan Maksimal, Oli Motor Matik Wealthy Vigorous Bisa Digunakan sampai 5.000 KM

Memilih oli untuk motor matik tidak boleh asal-asalan, pemilihan oli yang sesuai bisa membuat performa motor menjadi lebih baik seperti oli motor Vigorous 10W-30 dari Wealthy yang dapat digunakan untuk motor matik.

Read More
Wealthy Punya Wiper Berteknologi Suspension Plasma, Begini Keunggulannya

Bernama Wealthy SP Hydrosoft, wiper ini menggunakan bahan karet alami yang menjadikannya lebih berkualitas dan memberikan jaminan untuk bertahan hingga jutaan hapusan. Dimana secara umum, wiper yang ada di pasaran memiliki durabilitas maksimal hingga 200.

Read More
Cairan Wiper Dari Wealthy Ini Jadi Solusi Sempurna Bagi Kaca Mobil

Cairan wiper ini untuk menyapu kotoran yang ada di kaca depan ataupun belakang mobil. Untuk menghasilkan bilasan wiper yang benar-benar sempurna, pemilik kendaraan wajib pintar dalam menggunakan cairan yang kandungannya tidak merusak sistem elektrik wiper

Read More
honda

Terkini

Terpopuler