MobilKomersial.com - Menurunnya tingkat pandemi Covid-19, menjadikan pesatnya perkembangan industri otomotif baik kendaraan roda empat atau lebih seperti truk dan bus. Beragam permintaan konsumen pun kian hari semakin diwujudkan oleh para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif Indonesia.

Salah satunya adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia yang baru saja secara diam-diam memperkenalkan varian baru dari model truk tugas menengah (medium duty) yang kini dikenal dengan sebutan Fuso Fighter X.

Baca Juga: Transformasi Produk Euro4, KTB Pensiunkan Truk Fuso Maru-P

Bukan soal model eksterior ataupun mesin, varian baru Fuso Fighter X tersebut hadir dengan sasis yang lebih panjang. Panjang sasisnya itu mencapai 9.800 mm (9,8 m) sehingga menghasilkan Cab to End yang lebih panjang dan otomatis juga akan memiliki volume angkut yang lebih banyak.

Dilansir dari postingan instagram resmi @mitsubishifuso.id pada Jum'at (27/5/2022), kehadiran varian sasis truk baru tersebut berlaku pada model Fighter X dengan tipe tertentu, tepatnya pada tipe FN62FL HD dan FN62FL HD R.

Baca Juga: Sebanyak 29 Varian Fuso Canter dan Fighter X Resmi Berstandar Euro4

Sasisnya sendiri cukup tebal dan tanpa sambungan dengan posisi kelingan atau rivet di sisi samping yang dapat meningkatkan daya tahan sasis yang lebih kuat dan memudahkan pemasangan bodi belakang atau karoseri.

Dengan sasis sepanjang 9,8 m tersebut, KTB mengklaim bahwa sasis tersebut cocok untuk diaplikasin ke beberapa jenis karoseri seperti tangki, flat deck, bak besi, los bak, box besi hingga dapat dijadikan truk wingbox yang biasanya diaplikasi pada truk tugas berat (Heavy Duty).

Sedikit soal spesifikasi, Fuso Fighter X tipe FN62FL HD 6x4 ini dibekali dengan mesin diesel 4 langkah berkode 6M60-DAT6 direct injection, turbocharged berkapasitas 7.545 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 266 dk di putaran 2.400 rpm dengan torsi puncak mencapai 880 Nm di kisaran 1.200-2.000 rpm.

Seluruh mesin truk Fuso baik model tugas ringan (Light Duty/Canter) maupun tugas menengah (Medium Duty/Fighter X) kini sudah bersertifikasi standar emisi Euro 4 yang sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang telah menyatakan bahwa kendaraan niaga atau komersial yang menggunakan mesin diesel harus memenuhi standar Euro 4 sejak April lalu.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Fuso eCanter yang Bakal Mengaspal di Tanah Air

Share :

Fitur Baru di Iveco S-Way Ini Tingkatkan Kenyamanan Pengemudi

Dengan fitur baru ini, para pengemudi truk Iveco dapat mengontrol fungsi manajemen kabin dan kendaraan di perangkat seluler mereka, serta mengakses banyak layanan digital pada Iveco On.

Read More
Akhiri Sesi Evaluasi Pelanggan, Volta Trucks Beri Pemahaman Kinerja Truk Listrik Volta Zero

Evaluasi yang dilakukan di UTAC Autodrome de Linas-Montlhery di Paris, merupakan tonggak terbaru perusahaan dalam perjalanannya yang dipercepat untuk membawa truk tanpa emisi knalpot ke pasar dengan kecepatan terdepan di industri.

Read More
Gapai Tonggak Sejarah, Daimler Truck Uji Truk Berbahan Bakar Liquid Hydrogen

Alasan Daimler Truck lebih memilih hidrogen cair LH2 dalam pengembangan penggerak berbasis hidrogen salah satunya adalah pembawa energi itu akan memiliki kerapatan energi yang jauh lebih tinggi dalam kaitannya dengan volume dibandingkan dengan gas hidroge

Read More