Mobilkomersial.com  -Volvo Buses telah memperkenalkan platform baru untuk jajaran bus coach premium Volvo yang dapat mengurangi biaya bahan bakar hingga 9 persen dan juga mengurangi emisi CO2 secara total.

Hal tersebut didasarkan pada mesin Volvo D13K turbodiesel 6-silinder segaris berkapasitas 13.000 cc (13L) Euro 6 yang telah dimodernisasi.

Baca Juga: Volvo Optimis Pimpin Transformasi Industri Kendaraan Masa Depan

Mesin tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 380 dk di putaran 1.700-1.800 rpm hingga 500 dk pada kisaran 1.400-1.700 rpm serta torsi puncak 1.800 Nm di kisaran 830-1.400 rpm hingga 2.500 Nm di kisaran 1.000-1.400 rpm.

Mesin yang juga didukung dengan transmisi otomatis I-Shift yang diperbarui tersebut telah bersertifikasi untuk bahan bakar nabati atau HVO (Hydrotreated Vegetable Oil) dan dapat berjalan dengan bahan bakar biodiesel bergantung dengan variannya.

Mesin itu menggunakan sistem pendingin yang unik dengan dua bagian otonom yang dilengkapi dengan kipas listrik. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memungkinkan untuk mengoptimalkan rezim suhu di ruang mesin, yang pada gilirannya memungkinkan untuk meningkatkan interval servis.

Anna Westerberg selaku Presiden Volvo Buses mengatakan bahwa peluncuran platform bus baru ini sejalan dengan visi dari Volvo Group yang telah berkomitmen kuat terhadap era keberlanjutan khusus dalam mengurangi tingkat emisi secara total.

Baca Juga: Mengenal Volvo B11R, Sasis Bus Premium Berperforma Tinggi

"Road map kami menuju nol emisi tidak hanya mencakup kendaraan listrik. Saat ini, platform pelatih baru juga menawarkan manfaat bahan bakar alternatif dan peningkatan efisiensi yang substansial untuk operasional bus jarak jauh," jelasnya dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022).

Tak hanya dari segi spesifikasi, platform baru Volvo Buses ini juga memberikan peningkatan dan pembaruan di sisi interior. Ruang kabin pengemudi kini memiliki dasbor yang benar-benar baru dengan ruang kemudi yang dapat disesuaikan membuat masuk dan keluar lebih mudah.

Roda kemudi kini menjadi multifungsi dengan tombol kontrol multimedia dan kontrol jelajah. Suspensi roda dan engine mount yang ditingkatkan telah mengurangi tingkat getaran dan kebisingan interior di dalam kabin, serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

Platform bus Volvo baru ini akan menjadi opsi standar pada keluarga bus Volvo 9000 di pasar Eropa dan 9800 di Meksiko. Selain itu, juga tersedia pada sasis bus B13R, termasuk Low Entry, yang secara optimal cocok untuk bus double decker (bus tingkat).

Baca Juga: Pertama di Dunia, Sasis Truk Listrik Volvo Gunakan Bahan Baja Bebas Fosil

“Dengan pengenalan platform pelatih baru ini, kami mengambil langkah penting lainnya untuk menyediakan solusi transportasi yang berkelanjutan. Ini adalah tawaran global untuk operator layanan bus coach premium dengan cakupan komprehensif untuk beradaptasi dengan kebutuhan pasar," pungkas Anna Westerberg.

Share :

Tiga Brand Karoseri Bus Hadir di GIIAS 2022, Ada Yang Baru Nih

GIIAS 2022 ini akan menjadi event yang akan ditunggu-tunggu oleh para pecinta bus atau yang akrab disapa Busmania.

Read More
Dukung Asean Para Games 2022, Damri Kerahkan Armada Terbaik di Solo

Dalam mendukung kelancaran perhelatan tersebut, Damri mengerahkan 3 unit armada yang terdiri dari 2 bus besar dan 1 bus sprinter. Untuk jadwal keberangkatan, Damri menyesuaikan kedatangan dari kontingen.

Read More
Spesifikasi Lengkap Bus Listrik Buatan MAB dan UI, Punya Tingkat TKDN Yang Tinggi

Saat ini, bus listrik ini akan dimanfaatkan sebagai uji coba untuk mengangkut para mahasiswa di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Namun, bus listrik 12 buatan dalam negeri ini direncanakan akan digunakan sebagai moda transportasi di ac

Read More
honda

Terkini

Terpopuler