Mobilkomersial.com --- Ford Motor Company secara resmi telah meluncurkan varian tertinggi dari pikap F-150 Raptor R yang kini melengkapi jajaran varian dari F-150 Raptor generasi ketiga yang diperkenalkan sejak tahun lalu.

Seperti yang diharapkan para pecinta Ford, keunggulan F-150 Raptor R ini terdapat dibawah kap mesin dimana mesin tersebut menggunakan mesin V8 berkapasitas 5.200 cc (5.2L) supercharged milik Mustang Shelby GT500.

Baca Juga: Ford Rilis F-150 Heritage Edition 2023, Rayakan Hari Jadi Ke-75 Tahun F-Series

"Raptor R adalah Raptor utama kami. Saat pelanggan merasakan Raptor R di gurun pasir dan sekitarnya, itu akan membuat bulu kuduk mereka berdiri dan mereka akan menyukai setiap detiknya," ungkap Carl Widmann, chief engineer Ford Performance.

Meski telah dimodifikasi secara signifikan, mesin V8 tersebut diklaim mampu melontarkan tenaga maksimal sebesar 700 dk di putaran 6.650 rpm dengan torsi 868 Nm pada putaran 4.250 rpm. Tenaga itu telah dipangkas dari Mustang Shelby GT500 yang sebenarnya mampu bertenaga 760 dk.

Ford mengungkapkan bahwa tenaga tersebut telah diturunkan untuk keperluan katrol supercharger baru yang dirancang mengoptimalkan pita daya mesin untuk penggunaan off-road. Alhasil, dengan tenaga dan torsi yang besar itu, Ford F-150 Raptor R kini siap bersaing ketat dengan rivalnya yaitu, Ram 1500 TRX.

Pengaturan ini meningkatkan pengiriman torsi di bagian bawah dan tengah dari rentang putaran untuk menawarkan kinerja lebih pada kecepatan di mana pelanggan menghabiskan sebagian besar waktu mengemudi mereka.

Baca Juga: Ford F-150 Lightning Dapat Peningkatan Tenaga, Daya Angkut dan Jangkauan

Mesin itu disokong dengan transmisi SelectShift 10-percepatan dengan kalibrasi yang dirancang khusus. Pikap ini juga memiliki konverter torsi yang disetel khusus dengan peredam turbin tugas berat dan rakitan output belakang empat pinion untuk menghasilkan torsi yang lebih halus.

Untuk meningkatkan daya tahan mesin, Ford Performance telah memasang manifold buang baja tahan karat, oil cooler dan filter yang unik, dan wadah oli yang lebih dalam yang dirancang untuk menangani tanjakan yang curam.

Volume asupan udara juga telah ditingkatkan sebesar 66 persen dengan saluran masuk udara yang lebih lebar dan filter udara berbentuk kerucut dengan aliran yang lebih tinggi dan efisiensi yang lebih tinggi.

Sementara itu, Ford mengatakan bahwa truk pikap ini terinspirasi dari baja off-roader, oleh karena itu F-150 Raptor R ini juga disematkan dengan suspensi yang mumpuni sebagai kebutuhan off-road yang mutlak.

Baca Juga: Bawa Ranger dan Everest, Ford Resmi Kembali ke Indonesia

Dilengkapi dengan suspensi belakang lima-link, Raptor R mendapatkan lengan trailing ekstra panjang untuk mempertahankan posisi gandar dengan lebih baik di medan yang kasar, sementara batang Panhard dan pegas koil berukuran 24 inci telah dioptimalkan untuk stabilitas.

Pikap ini juga dibekali dengan suspensi Fox Live Valve yang telah disetel untuk menyeimbangkan kualitas pengendaraan dan kontrol guling di dalam dan di luar jalan.

Berkat suspensi elektronik yang mewah itu, pengemudi dapat memilih mode "Baja" yang meningkatkan kecepatan pegas depan sebesar 5 persen untuk kualitas berkendara yang lebih baik. Mode Baja tersebut bukanlah satu-satunya. Raptor R juga hadir dengan mode Normal, Quiet, dan Sport.

Ford mengaku bahwa apa pun mode yang di gunakan, Raptor R mendapatkan ground clearance mencapai 333 mm berkat ban OEM BFGoodrich All-Terrain T/A KO2 berukuran 37 inci.

Baca Juga: Ford F-150 Lightning Jadi Truk Listrik 'Pace Car' Pertama Nascar Cup Series

“Kami telah mendengar pelanggan kami menuntut suara dan kekuatan mesin V8 di Raptor. Mesin V8 5.2 liter supercharged ini adalah perpaduan ideal dari kekuatan high-density yang dipasangkan dengan suspensi dan shock belakang Raptor generasi ketiga yang baru untuk menghasilkan pukulan satu-dua yang jauh melampaui jumlah bagian-bagiannya," paparnya.

Ketangguhan performa F-150 Raptor R itu tentunya di bungkus dengan bodi yang tak kalah gagah. Ford telah memberikan Raptor R beberapa fitur desain yang unik seperti kisi-kisi badge Ford yang ikonik, bumper dan fender flares yang dicat hitam.

Raptor R juga mendapat aksen Code Orange eksklusif Ford Performance termasuk lencana 'R' di grill, power dome, dan bak truk. Paket grafis khusus pada spatbor belakang juga menampilkan desain unik yang mencerminkan tanah gurun yang keras dan retak sehingga memperkuat jenis lingkungan yang dibangun Raptor R untuk ditaklukkan.

“Raptor R dirancang secara visual seperti predator gurun untuk menarik perhatian pelanggan Raptor dan penggemar off-road. Kap mesin yang lebih agresif hingga lencana Code Orange ‘R’ secara visual mengomunikasikan performa off-road tingkat berikutnya di bawah bendera Raptor R," ungkap Tom Liu, desainer utama Raptor R.

Baca Juga: Berbasis E-Transit Custom, Ford Pro Electric SuperVan Punya Tenaga 1.972 dk

Nuansa agresif itu terbawa ke interior Raptor R yang didominasi dengan warna hitam. Kursi standar Recaro menampilkan kombinasi kulit hitam dan suede Alcantara yang ditempatkan dengan cerdik untuk menambah cengkeraman saat medan ekstrem.

Serat karbon asli telah menghiasi seluruh bagian pintu dan bagian atas panel instrumen yang menampilkan tenunan tri-aksial unik yang dirancang untuk menghadirkan kombinasi kinerja, ketangguhan, dan daya tahan Raptor R.

Kabin Raptor R juga juga memiliki layar infotainment 12 inci dengan teknologi SYNC 4 yang terkoneksi dengan Apple Carplay dan Android Auto. Raptor R juga mendapat manfaat dari kemampuan pembaruan perangkat lunak over-the-air Ford Power-Up.

Pembaruan nirkabel ini dapat menawarkan peningkatan di seluruh kendaraan mulai dari sistem SYNC hingga peningkatan kualitas, kemampuan, dan kenyamanan yang meningkatkan pengalaman kepemilikan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Generasi Baru Ford Ranger Raptor Meluncur, Semakin Gahar

Serangkaian teknologi juga akan membantu pengemudi saat keadaan menjadi sulit. Trail Turn Assist secara efektif mengecilkan radius belok, dan Ford Trail Control berfungsi seperti cruise control off-road. Sementara, Trail 1 Pedal Drive, secara otomatis memperlambat Raptor R saat pengemudi melepaskan kaki dari pedal gas.

F-150 Raptor R akan dibangun di Pabrik Truk Dearborn Ford dan akan tersedia dalam delapan warna, termasuk Avalanche dan Azure Grey Tri-Coat, yang ditawarkan untuk pertama kalinya pada jajaran Raptor.

Ford juga telah resmi membuka buku pesanan F-150 Raptor R dengan penawaran harga mulai dari USD109.145 atau setara dengan Rp1,63 miliar. Harga itu sudah termasuk biaya tujuan dan pengiriman dan hampir USD37.000 atau Rp554 juta lebih mahal dari F-150 Raptor 2022.

Baca Juga: GMC Sierra 1500 AT4X AEV Edition 2023 Meluncur, Pikap Premium Paling Off-Road di Kelasnya

Share :

Ranger Raptor Jadi Senjata Baru Ford Di Ajang Balap Off-Road International Baja 1000 

Mobil kabin ganda (double cabin) tersebut dirancang secara khusus oleh Ford Performance bersama Kelly Racing dari Austraila. Kemudian, Ranger Raptor itu dikembangkan lebih lanjut oleh Lovell Racing agar siap diajak balapan yang dimulai pada 18 November 20

Read More
Pikap Listrik GMC Sierra EV Rilis, Tantang Silverado EV dan F-150 Lightning

Pikap listrik terbaru ini hadir dengan tiga varian yang terdiri dari Denali Edition 1 sebagai varian tertinggnya, AT4 dan juga Elevation. Ketiga varian itu dibangun diatas platform truk pikap EV khusus 'Ultium' yang mampu menjangkau hingga 643 km (400 mil

Read More
Mitsubishi Triton Sport Edition 2023 Sapa Pasar Australia, Hanya 400 Unit

Hal yang membedakan dari vairan lainnya, Triton Sport Edition ini disematkan dengan skid plate bagian depan, tangga samping dan bumper belakang yang dihiasi dengan warna merah yang diadaptasikan dari model reli Triton Ralliart.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler