Mobilkomersial.com --- Seiring dengan pesatnya perkembangan industri otomotif baik dalam negeri maupun luar negeri, teknologi mesin kendaraan saat ini semakin canggih khususnya pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Oleh karena itu, kecanggihan teknologi mesin yang hadir sebagai jantung pacu mobil itu tentu turut diikuti dengan berkembangnya teknologi pelumas atau oli mesin yang dibutuhkan untuk melumasi komponen internal mesin yang saling bergesekan dan meredam panas.

Baca Juga: Bos Wealthy Ungkap Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Kendaraan

Perlu diketahui, standar tertinggi pelumas mesin saat ini adalah API SP yang dikeluarkan resmi oleh American Petroleum Institute (API). API sendiri merupakan sebuah asosiasi perdagangan dan lembaga penguji, serta pemeriksa kualitas pelumas yang mewakili segmen industri gas alam, dan minyak.

API ini biasanya menggunakan kode S yang menandakan oli tersebut untuk mesin bensin, sementara kode C untuk mesin diesel. Sementara huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan atau grade oli tersebut.

Semakin tinggi abjad yang mengikuti huruf S, berarti kualitas oli semakin bagus dan telah memenuhi standar syarat oli sebelumnya. Misalnya seperti API SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL, dan seterusnya. Semakin jauh abjadnya berarti grade oli semakin bagus.

Spesifikasi tertinggi pelumas sebelumnya adalah API SL, diperbarui menjadi API SM, meningkat menjadi API SN, dan yang terbaru dan sudah beredar saat ini di pasaran adalah API SP sebagai spesifikasi pelumas tertinggi yang ditetapkan oleh API sejak 1 Mei 2020.

Baca Juga: Deretan Oli Wealthy untuk Mesin Bensin

Dengan itu, PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group), sebagai salah satu brand aftermarket terkemuka di Asia kini telah memproduksi dan memasarkan seluruh line-up produk oli mesinnya yang sudah bersertifikasi API SP.

"Oli yang API SP akan bertahan lebih lama dibanding standar API di bawahnya, jadi oli ini bisa digunakan untuk mobil terbaru bahkan cocok untuk mobil berkompresi besar dan yang memiliki turbocharger," ungkap CEO & Founder Wealthy Group, Arief Hidayat saat ditemui, Senin (1/8/2022).

Spesifikasi SP sendiri dirancang memberikan perlindungan terhadap penyalaan awal di putaran rendah (LSPI), perlindungan keausan rantai yang tahan lama, peningkatan perlindungan endapan suhu tinggi untuk piston dan turbocharger, dan kontrol lumpur dan pernis yang lebih ketat.

Kinerja API SP pada jajaran oli Wealthy juga dipadukan dengan standar mutu ILSAC GF-6A yang membuat bahan bakar lebih baik dan lebih efisien, melindungi sistem kontrol emisi, serta melindungi mesin yang beroperasi dengan bahan bakar yang mengandung etanol hingga E85.

Baca Juga: Wealthy Kenalkan Energine, Oli Full Synthetic untuk Mesin Mobil Modern

Standar mutu ILSAC GF-6A pada jajaran oli Wealthy ini mampu mengurangi sludge serta keausan garis silinder dan top ring piston jauh di atas standar mutu di bawahnya yaitu ILSAC GF-5, serta menahan oksidasi akibat suhu tinggi dari hasil pembakaran.

Diketahui, standar mutu oli Wealthy tersebut didapat dari hasil pengujiannya bersama salah satu produsen aditif ternama asal Amerika Serikat (AS) yaitu, Infineum. Hasil tes standar mutu Wealthy, menujukkan peningkatan pada penghematan bahan bakar, wear protection, aeration test TBD, hingga turbo protection.

"Untuk memenuhi standar mutu ini dengan kemampuann tadi, kami bekerjasama dengan produsen aditif Infenium dari Amerika. Aditif Infeneum yang digunakan tak hanya mampu mengurangi sludge dan friksi, juga dapat mencegah terjadu pre-ignition atau pembakaran dini di putaran rendah," terangnya.

Dengan ber-spesifikasi tinggi API SP dan memiliki standar mutu ILSAC-GF6, jajaran oli mesin bensin Wealthy yang terdiri dari, Apogeo, Ultimax, Optimus, Beste hingga Energine mampu menghasilkan pelumasan lebih baik untuk timing chain dan viskositas encer juga mampu melumasi bagian terdalam dan sempit dari mesin mobil.

Baca Juga: Oli Wealthy Apogeo, Bikin Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

"Jadi, oli ini bisa cepat melumasi komponen di dalam mesin tanpa harus memanaskan mobil terlalu lama. Penyempurnaannya dengan memberikan cold start, jadi saat awal menyalakan mesin memberikan oli dapat menghasilkan perlindungan mesin yang maksimal," beber penyandang gelar Master di bidang Teknik Industri Otomotif ini.

"Karena, oli Wealthy diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin dan mesinpun tetap awet dan optimal," sambungnya.

Share :

Berikan Perlindungan Maksimal, Oli Motor Matik Wealthy Vigorous Bisa Digunakan sampai 5.000 KM

Memilih oli untuk motor matik tidak boleh asal-asalan, pemilihan oli yang sesuai bisa membuat performa motor menjadi lebih baik seperti oli motor Vigorous 10W-30 dari Wealthy yang dapat digunakan untuk motor matik.

Read More
Wealthy Punya Wiper Berteknologi Suspension Plasma, Begini Keunggulannya

Bernama Wealthy SP Hydrosoft, wiper ini menggunakan bahan karet alami yang menjadikannya lebih berkualitas dan memberikan jaminan untuk bertahan hingga jutaan hapusan. Dimana secara umum, wiper yang ada di pasaran memiliki durabilitas maksimal hingga 200.

Read More
Cairan Wiper Dari Wealthy Ini Jadi Solusi Sempurna Bagi Kaca Mobil

Cairan wiper ini untuk menyapu kotoran yang ada di kaca depan ataupun belakang mobil. Untuk menghasilkan bilasan wiper yang benar-benar sempurna, pemilik kendaraan wajib pintar dalam menggunakan cairan yang kandungannya tidak merusak sistem elektrik wiper

Read More
honda

Terkini

Terpopuler