Mobilkomersial.com --- Hino Motors, Ltd. telah resmi meluncurkan truk baterai listrik pertamanya yaitu Hino Dutro Z EV di Jepang. Truk tugas ringan (Light Duty) ini menjadi proposal baru Hino menuju masa depan "last mile of logistics" dengan kendaraan yang netral karbon.

Hino Dutro Z EV ini mencerminkan umpan balik pelanggan dalam kemudahan penggunaan di lapangan dengan memiliki struktur lantai yang sangat rendah berdasarkan sasis khusus BEV yang baru dikembangkan, sehingga memudahkan penanganan kargo dan keluar masuk kendaraan hingga kontribusi untuk mengurangi beban pengemudi pun meningkat.

Baca Juga: Begini Kata Hino Soal Produksi Truk Listrik di Indonesia

Meski memiliki bodi yang kompak, truk ini memiliki ruang kargo yang diklaim sangat ideal untuk segala pengiriman di daerah perkotaan. Hino juga menawarkan berbagai konversi seperti box, walk-trough van hingga bak sesuai dengan kebutuhan bisnis pelanggan.

"Hino Dutro Z EV, adalah truk yang dapat kami usulkan dengan yakin untuk menuju masa depan. Kami mendengarkan pendapat mereka yang berharga dan kini kami menyelesaikannya," ucap President Hino Motors, Satoshi Ogiso dalam keterangannya, Kamis (4/8/2022).

Secara eksterior, penampilan Hino Dutro Z EV ini tak jauh berbeda dengan para rekannya yang bermesin konvesional. Hanya saja perbedaan paling mecolok terdapat pada grill depan yang dihilangkan dan digantikan sebagai kompartemen pengisian daya listrik truk tersebut.

Soal dimensi, truk light duty elektrik pertama Hino ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 4.700 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 2.300 mm serta memiliki ground clearence sebesar 400 mm dan memiliki berat total kendaraan mencapai 3,5 ton.

Baca Juga: Resmi Berstandar Euro 4, Hino Dutro Tampil Lebih Segar dan Bertenaga

Sebagai jantung pacunya, Hino Dutro Z EV ini dibekali dengan motor listrik jenis AC Synchronous Motor ditambah dengan baterai listrik Lithium-Ion berkapasitas 40 kWh. Alhasil, truk listrik ini menghasilkan tenaga sebesar 67 dk dan mampu menempuh jarak hingga 150 km (WLTC).

Layaknya model konvensional, motor listrik truk tersebut dipasang persis dibawah kabin pengemudi bersama dengan transmisi yang menggerakan roda depan. Sedangkan baterai dan kompartemen listrik lainnya terpasang di dalam sasis bagian tengah dan belakang.

Sebagai kendaraan komersial yang siap berjalan di area perkotaan dengan membawa total muatan sebesar 1 ton, truk ini tentu dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan mutakhir seperti Accidental Start Prevention Function, Clearance Sonar, Lane Departure Warning, Electric Parking Brake serta kamera belakang dan cermin bagian dalam elektronik.

Di sisi lain, Hino telah memanfaatkan salah satunya grupnya Cube-Linx untuk menciptakan solusi pemasangan kendaraan komersial listrik dan peralatan periferal seperti pengisi daya, serta untuk manajemen energi, yang penting untuk pengoperasian yang aman dan efisien.

Baca Juga: KTB Mulai Uji Coba Truk Listrik Fuso eCanter di Bali

Selain itu, Hino juga berkolaborasi dengan CJPT ( Commercial Japan Partnership Technologies) yang akan mempromosikan proyek untuk menyebarkan teknologi CASE dalam bisnis komersial, untuk penyebaran kendaraan komersial elektrik.

Hino juga mengaku telah menginternalisasi teknologi yang diperlukan untuk tahap produksi massal kendaraan listriknya, dan akan menggunakannya dalam pengembangan kendaraan listrik di masa depan.

Share :

Uji Coba Truk Tim F1 Mercedes Pakai Bahan Bakar Biofuel, Mampu Kurangi Emisi 89 Persen

Tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS baru-baru ini menyelesaikan uji coba penggunaan biofuel di 16 truk Mercedes Actros Gigaspace yang dipergunakan untuk mengangkut logistik tiga balapan terakhir musim Eropa.

Read More
Belum Lama Meluncur, Mercedes-Benz eActros LongHaul Raih Penghargaan '2023 Truck Innovation Award'

Berkat ragam teknologi inovatif seperti baterai baru Lithium-iron Phosphate Fell (LFP), e-axle hingga kecepatan pengembangan truk berkelanjutan, penghargaan '2023 Truck Innovation Award' diberikan langsung oleh Ketua juri IToY, Gianenrico Griffini kepada

Read More
Generasi Baru Truk DAF XD Sabet 'International Truck of the Year 2023'

Dengan raihan penghargaan ini, DAF semakin memantapkan dirinya sebagai produsen truk premium dimana tahun lalu, DAF XF, XG, dan XG⁺ generasi baru untuk transportasi jarak jauh dan berat juga telah terpilih sebagai 'International Truck of the Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler