Mobilkomersial.com --- Pada Juli 2021 lalu, Iveco telah meluncurkan sebuah proyek yang disebut dengan "Plant The Future" yang menegaskan komitmennya untuk menjadi kontributor aktif untuk masa depan berkelanjutan.

Dalam komitmennya itu, pabrikan kendaraan komersial asal Italia itu menawarkan berbagai kendaraan emisi rendah CO2, termasuk salah satu produk inovatifnya yaitu, Iveco S-Way yang menyediakan solusi untuk dekarbonisasi dengan sumber tenaga Biometana.

Baca Juga: Truk Iveco S-Way LNG Diuji Angkut Muatan Abnormal Hingga 50 Ton

Proyek ini telah berhasil dilaksanakan di berbagai wilayah Eropa seperti Italia, Polandia, dan Jerman. Hanya dalam satu tahun, dengan truk Gas Iveco S-way yang dijual beserta penanaman lebih dari 3 juta pohon telah berpotensi menghemat CO2 hingga melebihi 45.000 ton per tahun.

Giandomenico Fioretti selaku Kepala Pengembangan Bisnis Penggerak Alternatif Iveco menyatakan bahwa Iveco kini berencana untuk memperluas proyek “Plant The Future” ke negara-negara Eropa lainnya untuk menciptakan lingkaran yang baik yang akan berlanjut ke masa depan.

"Jika semua pohon ini ditanam dengan jarak 7 meter berturut-turut, mereka akan membentuk garis yang membentang dari kutub Selatan ke kutub Utara," jelasnya mengutip laman resminya, Jum'at (5/8/2022).

"Jika membayangkan ini, Anda memiliki gagasan langsung tentang seberapa besar perbedaan yang dapat kita dengan menyebarkan penggunaan gas alam khususnya bio-CNG/LNG di industri transportasi. Tujuan nol karbon kami benar-benar berada dalam jangkauan kami!," sambungnya.

Baca Juga: Iveco Pasok 1.064 Truk S-Way CNG ke Amazon

Sebagai kekuatan pendorong dalam transisi energi industri transportasi, Iveco diklaim sangat aktif dalam meningkatkan kesadaran akan peran kunci yang harus dimainkan oleh teknologi gas alam dan biometana di jalur sektor menuju zero-carbon.

Berdasarkan hasil studi Dewan Riset Nasional Italia (Cnr), truk Iveco S-Way CNG/LNG yang ditenagai dengan biometana sudah dapat menghasilkan pengurangan CO2 sebesar 95% dan mengurangin 121% emisi negatif dengan bahan baku tertentu.

Iveco secara langsung berkontribusi pada jalur dekarbonisasi sektor ini dengan menawarkan kepada pelanggan kendaraan yang mampu mengurangi jejak karbon operasi mereka tanpa kompromi pada kinerja dan cakupan misi dibandingkan dengan mesin diesel konvensional.

Untuk membawa keberlanjutan ke tingkat berikutnya, Iveco turut berinvestasi dalam inisiatif yang ditargetkan seperti program Duta Iveco yang memberikan suara kepada pelanggan dan mitra yang berbagi visinya tentang keberlanjutan sosial dan lingkungan.

Baca Juga: Iveco Targetkan Zero Carbon pada 2040

“Dengan berbagi dampak positif pada pengurangan emisi CO2 yang telah kami capai melalui inisiatif 'Plant The Future', kami bertujuan untuk memperkuat komitmen kami terhadap keberlanjutan, mengakui hebatnya teknologi gas alam dan biometana dalam dekarbonisasi transportasi,” tegas Fioretti.

Menurutnya, Iveco adalah pelopor dalam teknologi gas alam dengan pengalaman lebih dari 20 tahun untuk mendekarbonisasi operasi logistik. "Iveco S-Way CNG/LNG kami, ketika ditenagai dengan biometana, adalah solusi tanpa kompromi dibandingkan dengan diesel," katanya.

"Iveco bertujuan untuk menjadi mitra yang paling dapat diandalkan, memungkinkan pelanggan kami untuk menjalankan operasi mereka secara efisien dan bisnis mereka menguntungkan dengan solusi mobilitas kami yang berkelanjutan dan cerdas," pungkas Giandomenico Fioretti.

Share :

Uji Coba Truk Tim F1 Mercedes Pakai Bahan Bakar Biofuel, Mampu Kurangi Emisi 89 Persen

Tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS baru-baru ini menyelesaikan uji coba penggunaan biofuel di 16 truk Mercedes Actros Gigaspace yang dipergunakan untuk mengangkut logistik tiga balapan terakhir musim Eropa.

Read More
Belum Lama Meluncur, Mercedes-Benz eActros LongHaul Raih Penghargaan '2023 Truck Innovation Award'

Berkat ragam teknologi inovatif seperti baterai baru Lithium-iron Phosphate Fell (LFP), e-axle hingga kecepatan pengembangan truk berkelanjutan, penghargaan '2023 Truck Innovation Award' diberikan langsung oleh Ketua juri IToY, Gianenrico Griffini kepada

Read More
Generasi Baru Truk DAF XD Sabet 'International Truck of the Year 2023'

Dengan raihan penghargaan ini, DAF semakin memantapkan dirinya sebagai produsen truk premium dimana tahun lalu, DAF XF, XG, dan XG⁺ generasi baru untuk transportasi jarak jauh dan berat juga telah terpilih sebagai 'International Truck of the Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler