Mobilkomersial.com --- MG Motor Indonesia telah mengegerkan industri otomotif dengan menampakkan model pikap kabin ganda (doube cabin) terbarunya yaitu, MG Extender pada perhelatan ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Kehadiran MG Extender ini akan meramaikan pasar otomotif khususnya di segmen pikap double cabin yang kini dihuni oleh Toyota Hilux, Mitsubishi Triton dan Isuzu D-max. Sehingga, para pecinta off-road adventure se-Indonesia akan memiliki mainan baru untuk diajak seru-seruan menaklukkan setiap medan apapun.

Baca Juga: Dongkrak Reputasi, MG Gebrak Panggung GIIAS 2022 Dengan 2 Varian Baru

Memandang kesuksesan model SUV dan Sedannya, Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia mengatakan bahwa pihaknya optimis kehadiran seri kabin gandanya ini akan menjadi rebutan penggemar mobil besar dan pengusaha dengan kebutuhan berniaga.

"Cara MG untuk meredefinisi ekspektasi para penggemar otomotif melalui inisiatif dan inovasi agar MG selalu berevolusi mengikuti perkembangan jaman," ungkapnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, baru-baru ini.

Secara eksterior, penampilan MG Extender ini turut mempertahankan bahasa desain MG yaitu, Brit Dynamic yang memiliki aura modern dan stylish. Pikap ini memakai lampu utama LED Proyektor serta Daytime Running Light (DRL) yang menambah penerangan di malam hari.

Kesan garang pun cukup kental terpancar berkat grill besar lengkap dengan kisi-kisi horizontal pada fascia depan. Pada model yang ditampilkan di GIIAS 2022 ini hampir seluruh bodinya dibalut dengan warna gelap termasuk juga badge logo MG yang berwarna hitam.

Dari samping, kegagahan MG Extender terlihat pada overfender yang cukup tebal diatas ban Bridgestone Dueler H/T berukuran 255/60R18 yang membungkus pelek alloy berukuran 18 inci dan dikelir dengan warna hitam sehingga menambah penegasan sebagai pikap off-roader.

Terdapat juga kaca spion elektrikal lengkap dengan lampu seinnya yang dibalut juga warna hitam bersama dengan gagang pintunya. Sebagai kendaraan off-roader, pikap ini tentu juga disematkan dengan side stairs yang memudahkan keluar masuk kendaraan pada medan yang tidak rata.

Baca Juga: Toyota Hilux GR Sport Melantai di Tanah Air, Sudah Bisa Dipesan?

Secara dimensi, pikap double cabin ini memiliki panjang keseluruhan 5.365 mm, lebar 1.900 mm, tinggi 1.850 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.155 mm serta memiliki jarak minimal kendaraan dari permukaan mencapai 231 mm dan radius putar hingga 6,3 m.

Pada bagian belakang, pikap double kabin ini memiliki bak yang cukup lapang yang memiliki dimensi panjang 1.485 mm, lebar 1.510 mm dan tinggi 530 mm dan dihiasi dengan roll bar hitam dan lampu belakang LED yang menambah kesan stylish.

Dengan kemampuan daya angkut mencapai lebih dari 1 ton dan kekuatan towing hingga lebih dari 3 ton, kehadiran MG Extender ini diharapkan juga bisa memenuhi kebutuhan industri hulu dalam negeri yang kian meningkat.

Lanjut ke bagian interior, kabin MG extender ini juga turut membawa kesan modern dan stylish berkat pemberian warna yang didominasi dengan warna gelap tepatnya perpaduan warna hitam dan cokelat.

Hampir seluruh bagian interior pikap ini dibalut dengan perpaduan lapisan kulit dan bahan sintetis dengan tambahan jahitan merah termasuk jok dan roda kemudinya. Dasbor juga terlihat modern berkat head unit layar sentuh 10 inci yang terkoneksi dengan smartphone dan juga tersambung ke 6 speaker audio.

Baca Juga: Mitsubishi New Xpander Cross Facelift Meluncur, Kemas Fitur Terbaru

Cluster instrumennya pun memiliki desain panel meter yang terlihat sporty. Namun, penunjuk kecepatan dan putaran mesin (rpm) masih menggunakan model jarum jam bersama beberapa informasi lainnya yang tersaji termasuk tire pressure monitor system.

Sebagai model pikap double cabin, biasanya ruang pada baris kedua memiliki tempat yang sempit. Namun tidak pada MG Extender yang terlihat cukup lapang dan nyaman sehingga kaki orang dewasa pun memungkinkan tak akan berbentur dengan kursi baris depan.

Mengintip jantung pacunya, MG Extender ini membawa mesin diesel common-rail 4-silinder segaris, DOHC, 16-katup, turbo intercooler berkapasitas 1.996 (2.0L). Diatas kertas, mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 158 dk di putaran 4.000 rpm dan torsi puncak mencapai 375 Nm pada kisaran 1.500 - 2.400 rpm.

Mesin dan torsi tersebut di support dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan tingkat rasio akhir mencapai 3.636 yang disalurkan ke penggerak roda belakang (2WD). Pikap ini semakin enak diajak off-road berkat suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang spoon style tongs.

MG Extender pun juga dilengkapi dengan ragam fitur keselamatan seperti ABS (Anti-lock Braking System) with brake force distribution EBD, EBA (Electronic Brake Assist) , SCS (Stability Control System), TCS (Traction Control System) dan juga HSA (Hill Start Assist System).

Baca Juga: Kupas Tuntas Hyundai Stargazer, Cocok Untuk Jalanan di Indonesia

Terdapat juga fitur HDC (Hill Descent Control System) , TPMS (Tire Pressure Monitoring System), LDW (Lane Departure Warning), ISOFIX child seat, Dual front airbags dan tentunya juga memiliki fitur Immobilizer key system.

"Tidak hanya untuk digunakan di area dengan permukaan jalan yang ekstrim, pecinta MG yang bermukim di perkotaan pun masih bisa menikmati betapa seru dan menegangkannya mengendarai mobil double cabin ini untuk kegiatan rekreasi bersama keluarga atau pun komunitas," pungkas Arief Syarifudin.

Share :

Ranger Raptor Jadi Senjata Baru Ford Di Ajang Balap Off-Road International Baja 1000 

Mobil kabin ganda (double cabin) tersebut dirancang secara khusus oleh Ford Performance bersama Kelly Racing dari Austraila. Kemudian, Ranger Raptor itu dikembangkan lebih lanjut oleh Lovell Racing agar siap diajak balapan yang dimulai pada 18 November 20

Read More
Pikap Listrik GMC Sierra EV Rilis, Tantang Silverado EV dan F-150 Lightning

Pikap listrik terbaru ini hadir dengan tiga varian yang terdiri dari Denali Edition 1 sebagai varian tertinggnya, AT4 dan juga Elevation. Ketiga varian itu dibangun diatas platform truk pikap EV khusus 'Ultium' yang mampu menjangkau hingga 643 km (400 mil

Read More
Mitsubishi Triton Sport Edition 2023 Sapa Pasar Australia, Hanya 400 Unit

Hal yang membedakan dari vairan lainnya, Triton Sport Edition ini disematkan dengan skid plate bagian depan, tangga samping dan bumper belakang yang dihiasi dengan warna merah yang diadaptasikan dari model reli Triton Ralliart.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler