MobilKomersial.com --- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa telah mendorong sektor industri, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan terkait, bersama-sama pemerintah untuk berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik dengan harga yang lebih ekonomis.

Hal ini perlu dilakukan agar upaya peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik bisa dilakukan dengan lebih cepat. Seperti diketahui, untuk saat ini kendaraan listrik di Indonesia harganya terbilang masih cukup mahal.

“Kalau harga motor listrik Rp 16 juta dengan kondisi motor yang menarik dan kualitas baterai yang baik, ini akan menjadi daya tarik dan minat bagi masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Gaikindo Sebut Produksi Lokal Kendaraan Listrik Jadi Tantangan Industri Otomotif Indonesia

Menurut Budi, ada tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis. Pertama membuat baterai dengan harga kompetitif namun memiliki daya jelajah yang tinggi. Kedua, memproduksi motor produk dalam negeri, dan ketiga memperbanyak stasiun pengisian baterai.

“Apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif lebih murah. Dengan harga yang lebih murah, diharapkan akan tercipta ekuilibrium keekonomian kendaraan listrik, dimana akan terjadi keseimbangan antara jumlah yang diproduksi dengan penggunanya,” ujarnya.

Baca juga: Semakin Diminati, Simak 4 Jenis Mobil Listrik dan Perbedaannya

Pemerintah, lanjut Budi, telah mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dengan mengeluarkan sejumlah regulasi dan kebijakan. Budi mengapresiasi upaya kolaborasi dari perguruan tinggi, peneliti, dan sektor industri, yang turut mendukung pemerintah untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Regulasi dan kebijakan dari pemerintah, serta kajian dan penelitian dari perguruan tinggi akan menjadi lengkap ketika industri melakukan inovasi dan menangkap peluang industri kendaraan listrik yang potensinya sudah terlihat di depan mata,” tambahnya.

Baca juga: Kupas Tuntas Bus Listrik Golden Dragon (SAG) Milik Transjakarta

Share :

Setelah Menjadi Kendaraan Resmi KTT G20, E-Inobus PT INKA Laris Dijadikan Shuttle

Usai digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali beberapa waktu yang lalu, kini E-Inobus PT INKA kini berada di Surabaya dan Jakarta yang difungsikan sebagai kendaraan shuttle.

Read More
Cobain Mobil Impian Di Jalur Test Drive Terpanjang GIIAS Semarang 2022, Simak Tata Caranya

Demi memanjakan para pengunjung dalam mencoba secara langsung mobil impiannya, GIIAS Semarang 2022 telah menyediakan secara khusus jalur test drive yang mencapai jarak hingga 2 km yang dimulai dari Marina Convention Center hingga Jalan Marina Raya.

Read More
Usai Dipakai di KTT G20, E-Inobus Hadir Layani Pengunjung TMII

Setelah sukses menjadi kendaraan resmi di perhelatan KTT G20 di Bali, E-Inobus kini akan melayani pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tujuannya adalah menjadikan kawasan bebas emisi dengan menggunakan kendaraan listrik.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler