MobilKomersial.com --- Beberapa minggu yang lalu terdapat kecelakaan beruntun di jalan tol karena adanya asap kebakaran lahan sehingga asap yang tebal itu menghalangi pandangan pengemudi untuk melihat kedepan.

Saat berkendara di jalan tol pengemudi tetaplah waspada saat melewati asap tebal dan memelankan laju kendaraan agar terhindar dari kecelakaan.

Berikut ini cara mengemudi yang aman saat ada asap tebal yang menyelimuti jalan tol seperti dikutip dari laman Toyota.

Baca juga: Musim Hujan Waspada Banjir, Ini Batasan Melewati Air Saat Mengendarai Mobil

 Fokus dan Waspada Saat Mengemudi

Jangan pernah mengalihkan perhatian seperti bermain ponsel, baiknya selalu fokus hanya pada mengemudi mobil. Distraksi yang timbul membuat pengemudi tidak mampu melihat jauh ke depan, padahal gangguan asap yang besar pasti mudah terlihat dari jauh.

Jaga Jarak Aman di Jalan

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika di depan mobil ada halangan seperti kabut asap. Apalagi saat pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak akibat panik. Dengan begitu pengemudi bisa melakukan langkah antisipasi seperti manuver menghindar atau pengereman darurat.

Kurangi Kecepatan Mobil

Kurangi kecepatan mobil secara gradual ketika melalui area yang ditumbuhi rumput kering akibat cuaca panas. Kondisi cuaca panas yang ekstrem dapat membuat rumput terbakar sendiri, atau dibakar untuk membuka lahan perkebunan.

Hati-hati Saat Manuver di Tengah Kabut Asap

Hati-hati dalam manuver sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Kendalikan mobil supaya selalu berada di jalur yang tepat dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. Nyalakan lampu kabut dan lampu utama untuk membantu melihat kondisi jalan dan membuat mobil terlihat oleh pengguna jalan lainnya.

Jangan Berhenti Sembarangan

Karena tidak yakin sanggup untuk melewati kabut asap, kemudian pengemudi berhenti di pinggir jalan tol. Ini jelas berbahaya karena bisa saja mobil kita tidak terlihat oleh pengemudi lain akibat adanya asap. Cukup kurangi kecepatan dan berjalan mengikuti marka jalan yang ada sebagai patokan arah. Selama pengemudi melaju di lajur yang benar, risiko ditabrak dari belakang akan berkurang.

Baca juga: Siapkan Saldo Minimum Rp 5 Ribu, Naik-Turun Bus Transjakarta Kini Wajib 'Tap In & Tap Out'

Share :

7 Penyebab Mesin Diesel Tak Mau Dinyalakan

Penyebab mobil diesel tidak mau hidup biasanya dikarenakan pemilik kendaraan melewatkan berbagai perawatan mobil secara berkala. Sehingga dari segi oli bisa menjadi sangat kental.

Read More
5 Hal Penting di Bus yang Perlu Diperiksa Sebelum Mengantar Penumpang

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebagai alat transportasi yang menempuh jarak jauh harus mendapatkan perawatan secara berkala, sehingga bisa memberikan pelayanan dan keselamatan bagi penumpang.

Read More
Ban Truk Pecah Saat Perjalanan, Apa yang Harus Dilakukan Pengemudi?

Tekanan ban truk kerja berat lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan ban mobil biasa. Realitanya, saat pengisian angin, ban dump truk ditempatkan di dalam sangkar guna melindungi teknisi ban bila sewaktu-waktu terjadi insiden ban meledak. Hal tersebut d

Read More
honda

Terkini

Terpopuler