Jakarta, MobilKomersial.com - Menghadapi arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana mengalihkan truk-truk tertentu ke Pelabuhan Tanjung Priok. Dia mengatakan pihaknya juga sedang melakukan kajian agar kemacetan di Merak tak terjadi lagi.

"Persiapannya relatif lebih baik dari tahun lalu, ditandainya fasilitas yang premium ini dan juga upaya-upaya yang lain. Namun demikian, kami akan melakukan satu kajian lebih mendalam agar nanti itu akan lebih baik dan tidak terjadi kemacetan lagi," kata Menhub Budi Karya, Sabtu (11/5).

Selain pengalihan truk, Budi juga akan menggunakan pelabuhan di sekitar Merak hingga penggunaan kapal yang lebih besar dan cepat demi memperlancar arus mudik. 

"Kita akan upayakan menggunakan tiket online. Kita memberikan insentif bagi mereka yang tidak berangkat di jam puncak, jadi itu kita lakukan," tukasnya.

Baca juga : Pembatasan Truk Saat Lebaran 2019, Pengusaha Logistik : Tidak Masalah

Saat ini pihaknya sedang membahas rencana penerapan ganjil-genap di Merak saat mudik Lebaran nanti. Budi menyebut, pihaknya sedang membahas cara agar kebijakan ganjil-genap bisa diketahui orang-orang dengan mudah jika jadi diterapkan.

"Ganjil-genap akan kita evaluasi, keputusan akhir minggu ini. Tadi sudah ada proposal, tapi saya akan pastikan waktu nanti kita campaign itu masif dan semua orang itu gampang melihatnya. Supaya orang yang jauh-jauh itu tidak terjebak di sini. Nah, solusinya seperti apa kita akan lihat," pungkas Budi.

Share :

Belum Pikirkan Hadapi New Normal, Hino Fokus Penjualan dan Permintaan Sparepart

Mengingat produk utama dari HMSI adalah bus dan truk, yang tentunya kondisi ekonomi berperan penting.

Read More
Sektor Logistik Terus Beroperasi, Mitsubishi Fuso Siapkan Program Paket Servis dengan Harga Khusus

Program layanan purna jual yang bertajuk

Read More
Sopir Truk Ini Lindas Ferrari Milik Bosnya karena Gaji Tak Dibayar

Kejadian ini membuat heboh dunia maya dan menjadi perbincangan hangat netizen sehingga menimbulkan banyak pertanyaan spekulasi versi cerita penyebab terjadinya insiden itu.

Read More