Jakarta, MobilKomersial.com - Menghadapi arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana mengalihkan truk-truk tertentu ke Pelabuhan Tanjung Priok. Dia mengatakan pihaknya juga sedang melakukan kajian agar kemacetan di Merak tak terjadi lagi.

"Persiapannya relatif lebih baik dari tahun lalu, ditandainya fasilitas yang premium ini dan juga upaya-upaya yang lain. Namun demikian, kami akan melakukan satu kajian lebih mendalam agar nanti itu akan lebih baik dan tidak terjadi kemacetan lagi," kata Menhub Budi Karya, Sabtu (11/5).

Selain pengalihan truk, Budi juga akan menggunakan pelabuhan di sekitar Merak hingga penggunaan kapal yang lebih besar dan cepat demi memperlancar arus mudik. 

"Kita akan upayakan menggunakan tiket online. Kita memberikan insentif bagi mereka yang tidak berangkat di jam puncak, jadi itu kita lakukan," tukasnya.

Baca juga : Pembatasan Truk Saat Lebaran 2019, Pengusaha Logistik : Tidak Masalah

Saat ini pihaknya sedang membahas rencana penerapan ganjil-genap di Merak saat mudik Lebaran nanti. Budi menyebut, pihaknya sedang membahas cara agar kebijakan ganjil-genap bisa diketahui orang-orang dengan mudah jika jadi diterapkan.

"Ganjil-genap akan kita evaluasi, keputusan akhir minggu ini. Tadi sudah ada proposal, tapi saya akan pastikan waktu nanti kita campaign itu masif dan semua orang itu gampang melihatnya. Supaya orang yang jauh-jauh itu tidak terjebak di sini. Nah, solusinya seperti apa kita akan lihat," pungkas Budi.

Share :

Mitsubishi Fuso Sosialiasikan Zero ODOL ke Karoseri dan Diler

Sebanyak 50 perusahaan karoseri dan juga lebih dari 20 group dealer dari seluruh Indonesia hadir dalam diskusi tersebut.

Read More
Awas, Karoseri yang Desain Truk Over Dimensi Bakal Ditindak Tegas

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menegaskan, akan memberikan sanksi bagi diler dan karoseri pembuat sasis truk yang kedapatan membuat muatan tidak sesuai yang ditentukan oleh pemerintah.

Read More
Scania AXL, Truk Otonom Tanpa Kabin Pengemudi

Pabrikan kendaraan asal Swedia ini tengah mengembangkan truk otonom yang memiliki kemampuan membawa alat berat bernama Scania AXL.

Read More